Trekking di Pegunungan Simien Ethiopia

Ethiopia adalah tanah legenda dan misteri Ratu Sheba dan Tabut Perjanjian untuk menyebutkan dua. Bentang alamnya juga mempesona. Di ujung utara adalah Pegunungan Simien dunia mistis hutan purba, puncak berkabut, tanaman aneh dan makhluk eksotis. Menjelajah dataran tinggi yang menakjubkan ini seperti melangkah ke surga di dunia lain.

Lanskap dramatis

Letusan gunung berapi yang hebat 40 juta tahun yang lalu menciptakan massif Pegunungan Simien, yang menjulang lebih dari 4.500 m di Ethiopia utara. Lebih dari ribuan tahun, kekuatan erosif telah memahat puncak bergerigi, jurang yang dalam dan sumbat vulkanik. Perjalanan antara lima dan sepuluh hari di sepanjang lereng curam ketinggian tinggi, melintasi padang rumput pegunungan alpine dan melalui dataran rendah yang subur adalah cara terbaik untuk sepenuhnya menghargai keragaman menakjubkan dari Simiens, banyak dari apa yang saat ini dilindungi sebagai bagian dari Taman Nasional Pegunungan Simien.

Pendakian yang curam menyebabkan dataran tinggi yang subur dipenuhi lobelias raksasa tanaman berdaging aneh yang tumbuh setinggi 3m, membangkitkan gambar dinosaurus dan zaman kuno. Pemandangan lereng curam dipenuhi tebing terjal, air terjun terjun, dan menara berbatu yang menyembur keluar dari lembah berhutan di bawah ini. Pita kabut melayang di atas tanah. Burung nasar dan gagak berlayar di atas langit. Ini adalah dunia yang aneh namun indah.

Menjatuhkan lereng, lanskap mengalami transformasi dramatis saat turun 2000m ke dataran rendah dataran rendah menjadi keliru mengingat lembah ini masih lebih dari 2000m di ketinggian. Tanaman poker merah berwarna cerah menutupi lereng gunung, dan pohon-pohon kaktus bergaya gurun dan belukar lidah buaya berbaris di sepanjang jalan setapak. Ladang dibudidayakan bunga canola kuning dan tef hijau berbulu dibumbui dengan ficus raksasa tropis dan pohon-pohon palem.

Satwa liar endemik

Tinggal di dataran tinggi Ethiopia adalah tempat langka dan eksotis dari satwa liar gelada (alias ‘babon jantung berdarah’), serigala Ethiopia yang sulit dipahami, Walia ibex yang agung dan Lammergeir raksasa (burung pemakan janggut berjenggot dengan lebar sayap 3 m). Ada peluang bagus untuk melihat semua makhluk ini, dan banyak lagi, dalam perjalanan melintasi Pegunungan Simien.

Dengan wajah ekspresif, kejenakaan bermain-main dan surai perak yang luar biasa, gelada benar-benar menyenangkan. Setelah hampir diburu hingga punah, kera-kera ini (babon adalah keliru sejarah) sekarang menjadi spesies yang dilindungi. Gelada hanya ditemukan di Simiens. Mereka hidup berkelompok seratus atau lebih, dan menyukai lereng curam di mana mereka memanjat dan di bawah tepi tebing seperti akrobat lincah. Tidak seperti kebanyakan primata yang mengiklankan penerimaan seksual dengan pantat merah yang membengkak, gelada memiliki bercak merah di dadanya, yang menyebabkan moniker ‘pendarahan jantung’. Mudah didekati dalam beberapa meter dari hewan-hewan liar ini, terutama yang ditemukan di sekitar Sankabar (3600m) dan Chenek (3620m).

Serigala Ethiopia, atau rubah Simien, sangat jarang. Sebenarnya itu adalah canid yang paling langka di planet ini, dengan perkiraan populasi kurang dari 50 di Pegunungan Simien, dan tidak lebih dari 400 di seluruh negara (mayoritas berada di Taman Nasional Pegunungan Bale di Ethiopia selatan). Ancaman utama terhadap kelangsungan hidup serigala berasal dari perusakan habitat karena ekspansi pertanian ke zona afro-alpine. Penipisan habitat juga berdampak pada Walia ibex yang terancam punah, spesies lain yang endemik di wilayah ini. Tampak seperti seekor rusa besar dengan tanduk yang panjang dan mengesankan, itu sebenarnya adalah anggota keluarga kambing. Menyukai tempat-tempat yang curam dan berbatu, mereka mungkin ditemukan di Chenek sedang merumput di tebing vertikal di bawah tebing curam.

Atap Afrika

Karena cakupan dan ukurannya, kumpulan gunung besar di Pegunungan Simien secara puitis disebut ‘atap Afrika’. Ras Dashen, pada 4543m, adalah puncak tertinggi Ethiopia dan kemuliaan puncaknya.

Trekking ke puncak itu menantang tetapi tidak teknis. Upaya KTT biasanya diluncurkan dari desa Ambiko (3170m) di Sungai Meshehe. Dan dengan cara hari puncak sejati, hiking dimulai jauh sebelum fajar. Beberapa jam pertama adalah dingin dan gelap dan dibungkus dalam keheningan. Lampu depan menyoroti jalan setapak yang mengarah ke atas dengan stabil sejauh 10 km melalui lahan pertanian, hutan lobelia raksasa, dan padang rumput pegunungan. Akhirnya, setelah enam jam pendakian terus menerus, sebuah perebutan pendek dinding berbatu mengarah ke puncak. Pemandangannya luar biasa panorama puncak dan jurang yang kaya, lahan pertanian dan hutan yang membentang ke kabut jauh di Eritrea. Berdiri di puncak puncak tertinggi Ethiopia adalah yah, seperti berdiri di atap Afrika.

Jadikan itu kenyataan

Waktu terkering untuk hiking adalah dari Desember hingga Maret tetapi pada akhir musim hujan, pada bulan Oktober, daratannya hijau kerusuhan. Bunga liar mekar pada bulan Agustus dan bertahan hingga Oktober.

Tur trekking yang terorganisasi judi esports mengatur kerepotan peralatan, izin dan persediaan tetapi trekking independen tidak terlalu sulit untuk diatur. Semuanya dapat diatur di markas Taman Nasional Pegunungan Simien di Debark: membayar biaya masuk, mengatur pengiriman dan penjemputan di jalur akses jejak, menyewa peralatan berkemah, pemandu, pengintai, juru masak, dan bagal.

Peraturan taman mengharuskan pengintai (penjaga taman bersenjata) untuk menemani trekker meskipun bahaya terbesar adalah penyakit ketinggian. Para pengintai itu bugar dan kurus, seringkali veteran perang dari pertempuran masa lalu. Dengan AK-47 digantung di bahu mereka, mereka melenggang ke lereng bukit curam dengan sandal plastik yang tidak pas, dan dengan rela mengayunkan senapan mereka untuk foto-foto bahagia.