Tempat Terbaik untuk Melihat Aurora Lukisan Tuhan Paling Indah

Cahaya Utara adalah salah satu pajangan artistik paling megah di alam. Selama ribuan tahun, cahaya neon aurora telah menangkap rasa ingin tahu manusia di seluruh dunia. Dengan semakin berkembangnya jaman dan teknologi membuat kita sangat gampang untuk melihat aurora.

Apa itu Cahaya Utara?

Cahaya Utara merupakan Aurora Borealis, peristiwa ini terjadi ketika partikel-partikel matahari yang bersemangat bertabrakan dengan gas atmosfer. Peristiwa yang terjadi itu menghasilkan pertunjukan lampu neon yang dapat berlangsung selama beberapa menit atau bahkan berhari-hari.

Satu fakta yang kurang diketahui adalah bahwa aurora dapat dilihat di belahan utara dan selatan dan mereka dikenal sebagai “Aurora Borealis” atau “Cahaya Utara”. Di belahan bumi selatan, mereka adalah “Aurora Australia” atau “Lampu Selatan” (lihat panduan Lampu Selatan kami untuk tips). Ini adalah fenomena alam yang sama, hanya terjadi di berbagai daerah.

Waktu terbaik untuk melihat Cahaya Utara atau Aurora

Pada malam hari yang dingin dan gelap dengan langit cerah merupakan waktu terbaik slot online untuk melihat Cahaya Utara atau Aurora. Beberapa wilayah di dunia memiliki penampakan sepanjang tahun, tetapi kemungkinan Anda paling besar selama musim dingin ketika malam lebih panjang, lebih dingin, dan lebih jelas.

Kiat Cepat untuk Aurora Spotting:

  • Kaburlah dari lampu kota. Polusi cahaya mempengaruhi visibilitas bintang dan aurora. Jika memungkinkan, tinggalkan kota dan temukan langit gelap.
  • Berada dalam pengetahuan penampakan aurora waktu-nyata: Setiap wilayah aurora memiliki peringatan waktu nyata untuk memberi tahu orang-orang tentang penampakan aurora. Pada artikel ini, kami menyertakan sistem peringatan aurora khusus untuk setiap negara meskipun Aurora Alerts umumnya populer di seluruh dunia.
  • Pergi pada saat yang tepat: Aurora lebih umum di musim dingin karena jam kegelapan yang panjang. Langit cerah sangat penting.
  • Memotret aurora: Ini bisa rumit, jadi lakukan riset sebelumnya. Lihatlah panduan Globe Well Travelled untuk memotret aurora dengan jelas dan cerah.

Di mana Anda bisa melihat Aurora?

Aurora dapat ditemukan di “zona aurora” di Belahan Bumi Utara. Ini adalah area 2.000-3.000 km dari kutub magnet, atau pada garis lintang 66 hingga 69 derajat utara. Jadi, ingin menambahkan beberapa bercak aurora ke daftar ember Anda? Inilah tempat terbaik untuk melihat Cahaya Utara di seluruh dunia!

jika anda ingin melihat langsung cahaya utara yang begitu indah, berikut ini tempat terbaik untuk melihat Cahaya Utara:

1. Alaska, AS

Alaska adalah salah satu tempat terbaik di dunia untuk melihat aurora. Di sini cuaca dingin, langit cerah, dan malam gelap membuat kondisi bercak aurora optimal. Tapi jangan biarkan malam yang dingin membuat Anda pergi Anda bahkan dapat menatap aurora dari mata air panas yang mengepul. Dengan berlimpahnya satwa liar epik dan gunung-gunung tak terbatas, Alaska memiliki banyak hal untuk ditawarkan di luar lampu.

Lokasi: Daerah di Alaska merupakan tempat yang sangat bagus untuk bercak aurora, meskipun Fairbanks terletak di aurora oval dan merupakan basis yang baik untuk bepergian. Mereka yang terdesak waktu dapat melakukan perjalanan singkat dari Vancouver.
Kapan: Pada saat musim dingin karena malam akan terasa lebih panjang, tetapi sepanjang tahun dimungkinkan.
Bagaimana: Anda bisa melihat aurora melalui pondok yang nyaman dan hangat, Anda juga dapat berkemah, berkendara dan akan melihat aurora dengan kenyamanan. Melihat adalah cara populer lainnya untuk menyaksikan keajaiban Cahaya Utara dari udara. Tur tamasya aurora unik lainnya termasuk naik eretan anjing dan wisata fotografi.
Cara ke sana: Alaska dapat diakses dengan penerbangan dari Amerika Utara (cari Skyscanner berdasarkan bulan penuh untuk harga terbaik), atau pesiar. Fairbanks, Anchorage, dan Juneau adalah kota utama yang bisa Anda kunjungi. Anda juga dapat menutupi sebagian atau seluruh tiket pesawat Anda dengan mendaftar untuk kartu kredit Chase Sapphire Preferred. Setelah Anda mencapai pengeluaran minimum, Anda akan mendapatkan bonus pendaftaran 60.000 poin (senilai $ 750).
Sumber: Pemberitahuan Aurora Borealis, panduan Smithsonian untuk Cahaya Utara di Alaska

2. Kanada Utara

Kanada Utara adalah suguhan bagi mereka yang mencari hutan belantara yang asli dan terpencil. Banyak bagian Kanada Utara menyaksikan Aurora Borealis secara teratur, dengan wilayah paling utara dan Yukon menjadi beberapa hotspot terbesar di dunia.

Merencanakan perjalanan ke Kanada? Lihat panduan utama kami untuk mengunjungi di sini dengan harga terjangkau. Jangan lewatkan hotlist taman nasional kami, ditambah daftar ember Kanada yang harus dilakukan.

Lokasi: Wilayah utara Kanada adalah yang terbaik terutama Yukon, Wilayah Barat Laut, dan Nunavut (meskipun ada lebih sedikit pariwisata aurora di sini).
Kapan: Akhir Agustus hingga pertengahan April.
Cara ke sana: Bagian utara dapat diakses dengan penerbangan di Kanada (cari Skyscanner berdasarkan bulan penuh untuk harga terbaik). Whitehorse dan Yellowknife adalah kota utama untuk terbang.

3. Islandia

Bentang alam vulkanik, mata air panas bumi, dan air terjun yang megah hanyalah sepotong daya pikat Islandia. Di sini aurora dapat terlihat dari kenyamanan sumber air panas, atau ketenangan campervan pribadi Anda di hutan belantara yang tak tersentuh.

Di mana: Seluruh Islandia, berikut beberapa pilihan hebat meliputi: Seltjarnarnes di Reykjavik, Vik, Látrabjarg / Westfjords, Eldborgahraun, Djúpavík
Kapan: Awal September hingga akhir April.
Bagaimana: Berkemah tenda atau campervan adalah cara yang bagus untuk mengejar aurora. Atau, tur kelompok sangat populer. Islandia dipenuhi dengan kabin AirBNB yang kuno dan apik untuk dipilih, yang dapat menawarkan pemandangan aurora yang sempurna. Di pusat kota Reykjavik, Anda bahkan dapat menyaksikan aurora dari kenyamanan Blue Lagoon yang terkenal. Turnya berlimpah, mulai dari wisata kapal pesiar dan jip, hingga perburuan lampu utara yang dikombinasikan dengan gua es atau berjalan di gletser.
Cara ke sana: Islandia dapat dijangkau dengan penerbangan (cari Skyscanner dengan sebulan penuh untuk harga terbaik) dan sekarang ada banyak maskapai murah termasuk Wow Air menjalankan perjalanan yang terjangkau di sana dari Eropa dan Amerika Utara. Juga pertimbangkan mendaftar untuk kartu kredit Chase Sapphire Preferred, yang menawarkan bonus pendaftaran utama sebesar 60.000 poin (senilai $ 750). Anda dapat mengonversi poin ke program poin British Airways, yang mana

4. Norway

Dengan desa-desa nelayannya yang berwarna cerah, fjord yang menganga, dan alam yang luas, Norwegia lebih dari sekadar hotspot aurora – sihir murni. Ini adalah salah satu tempat yang lebih nyaman untuk mengejar Cahaya Utara. Negara ini sudah mudah untuk berkeliling, dan pilihan bercak aurora beragam.

Merencanakan perjalanan ke Eropa? Lihat panduan pass Eurail kami di sini untuk tips berguna tentang perjalanan kereta api.

Di mana: Ada banyak hot spot yang ditawarkan di sini tetapi beberapa yang bagus termasuk Svalbard, Tromso, Kepulauan Lofoten, Harstad, Bodo, Alta, Andoya, dan Lakselv.
Kapan: Oktober hingga Maret.
Caranya: Dapatkan kabin kayu dengan pemandangan aurora kelas dunia atau coba keberuntungan Anda berkemah atau karavan. Norwegia memiliki tur aurora yang spektakuler, dan salah satu strategi bijak adalah dengan membeli Pas Utara tanpa batas 7 hari tanpa batas untuk meningkatkan peluang pengamatan Anda. Kartu pas ini menyediakan akses harian ke tur Northern Lights, yang ideal karena aurora bisa sporadis. Turnya berlimpah, mulai dari naik kereta luncur rusa dan menonton ikan paus, hingga kapal pesiar malam hari dan penerbangan pribadi (catatan: tidak semua tur ini termasuk dalam pass).
Cara ke sana: Norwegia dapat diakses dengan penerbangan berlimpah di Eropa (cari Skyscanner berdasarkan bulan penuh untuk harga terbaik), atau dengan kereta. Untuk kiat lulus Eurail, lihat panduan kami di sini. Norwegia adalah tujuan bagi banyak maskapai mitra dari kartu kredit Chase Sapphire Preferred, seperti British Airways, KLM, dan Air France. Kartu kredit ini menawarkan bonus pendaftaran besar sebesar 60.000 poin (senilai $ 750) setelah Anda mencapai pengeluaran minimum, yang dapat Anda konversi ke program maskapai mitra ini, atau tebus langsung melalui Chase Ultimate Rewards Portal.

5. Finlandia

Di bagian utara Finlandia lampu bersinar hampir setiap malam dari September hingga Maret, menjadikan ini pilihan aurora yang optimal. Tetapi berhati-hatilah – suhu bisa menjadi sangat dingin. Solusinya? Menginap di igloo kaca yang dibuat khusus untuk memungkinkan aurora melihat langsung dari kenyamanan tempat tidur hangat Anda.

Di mana: Hampir di mana saja (jauh dari lampu kota) – ujung utara adalah pilihan terbaik Anda. Kakslauttanen adalah tempat yang populer dengan iglo kaca cantik.
Kapan: September hingga Maret.
Bagaimana: Tinggal di suatu tempat yang dirancang untuk dilihat sangat ideal karena suhu yang dingin. Iglo kaca yang indah, iglo salju, kabin, hotel salju, dan chalet kayu adalah cara terbaik untuk melihat aurora dari tempat tidur yang hangat! Aktivitas aurora unik lainnya di sini termasuk safari mobil salju, kereta luncur rusa, es mengambang, sepatu salju, 4WD, tur fotografi, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat menelepon pada 2019 (semoga) menonton aurora dari igloo kaca Anda!
Cara ke sana: Finlandia dapat diakses dengan penerbangan berlimpah di Eropa (cari Skyscanner berdasarkan bulan penuh untuk harga terbaik), atau dengan kereta api. Untuk kiat lulus Eurail, lihat panduan kami di sini. Finlandia adalah tujuan bagi banyak maskapai mitra dari kartu kredit Chase Sapphire Preferred, seperti British Airways, KLM, dan Air France. Kartu kredit ini menawarkan bonus pendaftaran besar sebesar 60.000 poin (senilai $ 750) setelah Anda mencapai pengeluaran minimum, yang dapat Anda konversi ke program maskapai mitra ini, atau tebus langsung melalui Chase Ultimate Rewards Portal.

6. Rusia

Sebagian besar Rusia terletak di dalam Lingkaran Arktik, menjadikan benua besar ini tambang emas untuk bercak aurora. Semenanjung Kola adalah lokasi utama, dengan kota Murmansk menjadi basis yang dapat diakses

Tempat: Banyak wilayah di utara, meskipun lebih banyak daerah ramah turis yang dapat diakses dari St. Petersburg termasuk Murmansk, Arkhangelsk, Petrozavodsk.
Waktu: September hingga Maret, meskipun Januari dan Desember optimal karena tidak adanya matahari selama 6 minggu di beberapa daerah utara.
Caranya: Terlihat dari luar rumah saat ada polusi cahaya minimal melalui berkemah, mengemudi, atau ikut tur. Di beberapa kota Anda dapat menemukan daftar English AirBNB yang dapat memberikan penampakan aurora. Tur dapat ditemukan di kawasan populer, periksa berdasarkan lokasi Anda.
Cara ke sana: Rusia dapat diakses dengan penerbangan, dengan Moskow atau St. Peter menjadi titik awal paling umum. Cari Skyscanner berdasarkan sebulan penuh untuk harga terbaik. British Airways, KLM, dan Air France semuanya terbang ke kota-kota ini, dan merupakan maskapai mitra dari kartu kredit Chase Sapphire Preferred. Kartu kredit ini menawarkan bonus pendaftaran besar sebesar 60.000 poin (senilai $ 750) setelah Anda mencapai pengeluaran minimum, yang dapat Anda konversi ke program maskapai mitra ini, atau tebus langsung melalui Chase Ultimate Rewards Portal.
Sumber: Panduan cepat di sini dan di sini. Buku pedoman menyeluruh seperti Lonely Planet direkomendasikan karena Rusia sedikit lebih berupaya untuk bepergian daripada tujuan aurora lainnya.

7. Swedia

Tujuan lain yang terkenal, meskipun mahal untuk mengejar aurora adalah Swedia. Berkat efek dari Gulf Stream, suhu di sini lebih ringan dibandingkan dengan daerah aurora populer lainnya seperti Kanada dan Rusia. Ini juga mudah diakses oleh penerbangan di seluruh Eropa, menjadikannya perhentian yang layak pada setiap perjalanan Euro.

Lokasi: Sebagian besar Swedia optimal setelah Anda keluar dari lampu kota. Taruhan terbaik Anda biasanya dari perbatasan utara dengan Norwegia ke Jokkmokk. Beberapa tempat termasuk Abisko, Tärendö, Jukkasjärvi, dan Taman Nasional Farnebofjarden (hanya 140 km dari Stockholm).
Kapan: September hingga akhir Maret.
Caranya: Anda bisa menjelajah berkemah sendiri atau mendapatkan kabin yang nyaman di hutan. Ada juga beberapa tur yang berfokus pada aurora yang murah seperti tur serak atau tur yang berfokus pada fotografi. Pilihan yang lebih luas adalah Northern Lights dan tur yang berpusat pada margasatwa melalui Lapland.
Cara ke sana: Swedia dapat diakses dengan penerbangan berlimpah di Eropa (cari Skyscanner berdasarkan bulan penuh untuk harga terbaik), atau dengan kereta api. Untuk kiat lulus Eurail, lihat panduan kami di sini. British Airways dan KLM menawarkan penerbangan ke Stockholm dan Gothenburg, yang berarti Anda dapat mendaftar untuk kartu kredit Chase Sapphire Preferred untuk bonus pendaftaran 60.000 poin (senilai $ 750), kemudian mengonversi poin ke maskapai mitra ini, atau menebus langsung melalui Portal Chase Ultimate Rewards.
Sumber daya: Rute Utara memiliki panduan hebat untuk wisata Skandinavia, dan Pemberitahuan Aurora Borealis.

8. Greenland

Sepotong besar Greenland siap sempurna dalam zona aurora. Lebih baik lagi, negara pulau yang sepi ini jauh lebih tidak terinjak-injak oleh para turis daripada negara tetangganya di Islandia. Itu bukan tanpa alasan; di sini tidak ada jalan, menjadikan pesawat dan kapal sebagai alat transportasi utama. Plus? Gunung es dan Aurora hampir semuanya milikmu!

Lokasi: Greenland Selatan ideal, karena terlalu jauh ke utara keluar dari zona aurora. Anda ingin mendasarkan diri di Ilulissat atau Nuuk, yang keduanya menawarkan wisata aurora yang unik.
Kapan: Pertengahan Agustus – akhir April.
Caranya: Sewa AirBNB dengan tampilan gletser (& berpotensi aurora). Perahu sewaan pribadi adalah pilihan lain untuk akomodasi gabungan dan tamasya. Merasa suka bertualang? Cobalah tur aurora yang dipandu di salju melalui kereta salju, snowshoe, atau kereta luncur anjing.
Cara ke sana: Greenland dapat diakses dengan penerbangan dari Eropa dan Amerika Utara, dengan bandara utama berada di Kangerlussuaq. Cari Skyscanner berdasarkan sebulan penuh untuk harga terbaik. Kartu kredit Chase Sapphire Preferred menawarkan bonus pendaftaran 60.000 poin (senilai $ 750), yang dapat Anda tebus melalui Chase Ultimate Rewards Portal saat memesan penerbangan.
Sumber: Pusat Prediksi Cuaca Luar Angkasa, Aurora Alerts.

Inti Hemat

  • Northern Lights atau Aurora Borealis paling terlihat di bulan-bulan musim dingin di mana malam gelap, panjang, dan dingin
  • Wilayah yang terletak di dalam sabuk aurora yaitu 66 hingga 69 derajat garis lintang dari Utara, adalah yang terbaik untuk penumpukan utama
  • Kaburlah dari lampu kota jika memungkinkan untuk meningkatkan visibilitas
  • Beri diri Anda waktu untuk melihat aurora, mereka tidak muncul setiap malam, bahkan di lokasi frekuensi tinggi.
  • Anda dapat menemukan waktu termurah untuk terbang dengan mencari dengan “sebulan penuh” di Skyscanner, dan menutupi sebagian besar tiket pesawat Anda dengan mendaftar untuk kartu kredit Chase Sapphire Preferred untuk bonus pendaftaran 60.000 poin (senilai $ 750).

Meskipun ilusif Cahaya Utara bisa, pemandangan agung ini layak mendapatkan semua upaya untuk menyaksikannya. Manakah dari tempat-tempat ini yang ada di bagian atas daftar ember bercak aurora Anda?

Catatan

Ada banyak tempat tak terduga di dunia untuk melihat aurora, namun kami hanya menyebutkan lokasi dengan peluang penampakan terbaik. Misalnya, Kepulauan Faroe, Estonia, Skotlandia, Irlandia dan beberapa bagian Cina melihat Cahaya Utara, tetapi frekuensinya sangat sporadis sehingga kami telah mengeluarkannya dari daftar ini.